Selasa, September 13, 2011

Cara Memelihara Kukang

Pada dasarnya memelihara hewan itu sama saja, baik itu hewan yang hidup di darat maupun di air.
Namun untuk memelihara kukang kita harus memiliki izin atau setidaknya melapor ke lembaga tertentu agar lembaga tersebut dapat menentukan dan memberi saran dalam pemeliharaan kukang dan lembaga tersebut dapat mencatat perkembangan dari kukang tersebut.
Perkembangan tersebut baik berupa berat badan, jenis kelamin atau mungkin keturunan yang akan ada pada kukang yang kita pelihara.

Yang penting dalam memelihara kukang adalah makanan dan tempat yang luas agar kukang tersebut dapat bergerak bebas dan lincah.
Perlu juga diketahui bahwa kukang sangat mudah stres, yang berujung kematian.
Apabila kukang tersebut stres dapat kita ketahui dari nafsu makan kukang tersebut yang berkurang.

Mari kita bahas satu persatu cara yang baik untk melihara kukang agar kukang tersebut dapat berkembang biak dan hidup sehat demi keseimbangan ekosistem.
  • Yang Pertama kita harus memperhatikan kandang/tempat kukang tersebut hidup
    apabila kita ingin memelihara kukang, kandang atau tempat kukang tersebut harus besar dan kita menyediakan/membuat tempat biar kukang tersebut dapat meloncat-loncat dengan bebasnya.
    apabila ada pohon ditempat kukang tersebut akan lebih baik karena akan lebih alami. saya sarankan untuk memelihara kukang lebih baik dihalaman. namun apabila dikandang sebaiknya kita menyediakan daun-daun kering untuk kukang tersebut tidur dan harus diperhatikan kebersihan dari kandang tersebut.
  • Yang Ke Dua kita harus memperhatikan makanan kukang tersebut
    pada dasarnya kukang sangat suka buah-buahan seperti pisang dan pepaya.
    namun dalam pemberian makanan kita harus melembutkan makanan tersebut dan langsung dicampurkan air. perlu diperhatikan disini, dalam pemberian air tidak boleh terlalu banyak karena akan mengakibatkan tekstur makanan menjadi benyek.
    kukang sangat tidak suka dengan makanan benyek, maka dari itu kita harus pandai mengira-ngira memberikan air dalam makanan yang sudah dihaluskan untuk makanan kukang.
    o ya berilah makanan kukang dalam porsi lebih banyak pada saat malam hari dan jangan lupa mencampurkan madu dalam makanan tersebut atau memberikan langsung madu tersebut dalam kurung waktu 2x/minggu. namun apabila kita memilih untuk memberikan langsung kita harus sabar karena kukang akan susah dibuat diam.
  • Yang Ke Tiga kita tidak boleh menyentuh/memegang kukang terlalu sering
    karena sifat kukang yang mudah stres, maka dari itu kita harus meminimalkan dalam memegang/menyentuh kukang. tingkat kestresan kukang dapat dilihat dari kurangnya nafsu makan kukang dan kurangnya gerak/tidak lincahnya kukang tersebut (walaupun ketidak lincahan kukang tersebut bisa dikarenakan kesehatan dari kukang tersebut).
    o ya perlu diketahui bahwa dna kukang dengan dna kita (manusia) itu mirip maka dari itu apabila dekat kukang (jarak kurang dari 1M) dan menyentuh kukang jangan lupa mengunakan masker dan sarung tangan.
    karena apabila kukang tersebut sakit maka akan penyakit tersebut akan cepat tertular ke kita.
  • Yang Ke Empat kita harus memperhatikan kesehatan kukang
    untuk menjaga kesehatan kukang, kita harus memperhatikan kebersihan dari kadang/tempat kukang tersebut. setidaknya 2x sehari kita harus membersihkan kandang tersebut.
    selain menjaga kebersihan kukang, kita juga harus memberikan vitamin kepada kukang agar kondisi kesehatan kukang tersebut lebih fit lagi.
    Penyakit yang sering menyerang kukang adalah diare dan dehidrasi yang dapat berakibat kematian.
    untuk melihat apabila kukang tersebut mengalami penyakit diare bisa dilihat dari tekstur kotoran kukang tersebut. apabila tekstur kotoran tersebut benyek dan tidak bulat-bulat kecil (kotoran kukang keras bulat-bulat kecil seperti kotoran kambing) maka dapat dipastikan kukang tersebut sedang mengalami/menderita penyakit diare. dan bulu kukang akan rontok apabila kukang tersebut terserang dehidrasi.

Hanya itu yang dapat saya sampaikan untuk berbagi pengetahuan yang saya miliki.
perlu di ingat bahwa kukang adalah hewan yang dilindungi karena tingkat populasi yang sedikit.
maka dari itu apabila ingin memelihara kukang, kita harus memikirkan upaya pengembangbiakan kukang. jadi alangkah baiknya apabila memelihara sepasang kukang.
ingat dalam hal mengembangbiakan kukang, pilihlah kukang dengan jenis yang sama.
misalnya kukang jenis sumatera dgn sumatera atau kukang jenis jawa dengan kukang jenis jawa.
setelah kita dapat menegmbangbiakan kukang lepas dan latihlah kukang tersebut agar dapat hidup di alam bebas karena pada prinsipnya kukang adalah hewan liar yang habitatnya ada di hutan.
maka dari itu alangkah baiknya dan lebih bagus lagi kita dapat melihatnya bebas di alam liar/hutan dari pada ada di kandang atau ditempat penampungan.

Note:
Untuk membedakan jenis Kukang Jawa dengan Kukang Sumatera
Kukang Jawa corak garpu di kepalaya terlihat jelas/coraknya memanjang dan lehernya agak panjang sedangkan Kukang Sumatera corak garpu di kepalanya tidak terlihat jelas dan lehernya tidak terlalu panjang, atau bisa kita bilang kebalikan dari kukang jawa.

40 komentar:

  1. ..slam knal , sya pemilik baru kukang
    ..sya beli dari pedagang masi kecil bgt , wkt beli masi nyusu induk'a
    ..apa bisa sya ganti pke susu biasa?

    BalasHapus
  2. salam kenal..
    kemungkinan umur kukang yang mbak beli ntu 1-3bulan
    pada umur segitu kukang gak bisa pisah sama induknya mbak, kalau dipisahin kemungkinan matinya gede bgt

    kalau seumur gitu gak bisa pakek susu biasa mbak, ntu harus menyusui sama induknya dan kalau ada masalah sama induknya ane saranin kasi susu vanila/putih tanpa rasa (susu hambar)

    kalau gak ada masalah ya harus nyusuh ma induknya dan ingat porsi makan tuk induknya harus lebih banyak dari biasanya
    o ya pada masa ini kukang jangan diganggu dan dibuat kaget (baik oleh suara maupun gerakan yang tiba-tiba saat kita mendekat) karena apabila dibuat kaget, anak tersebut akan ditelantarkan

    info: pada kondisi ini induknya akan lebih agresif dan jangan pernah sentuh sedikitpun anaknya sampe masa menyusuin selesai (masa menyusuin 3 bulanan)

    BalasHapus
  3. mohon maaf sebelumnya jika komentar saya kurang berkenan.
    kukang adalah satwa liar yang hendaknya hidup bebas di alam liar. jika kukang dipelihara dan dikandangkan, dengan menejemen pemeliharaan yang tidak bagus akan membuat kukang stres dan akan menyebabkan kukang berpenyakit. salah satu contohnya adalah cacingan. strongyloides adalahs alah satu cacingnya. dan efek yang ditimbulkan bermacam2 sesuai tempat predileksinya. dan cacingan ini bersifaat zoonosis(menular dari hewan ke manusia. jadi dipertimbangkan lagi untuk memelihara kukang. selain membahayakan diri sendiri, kukang juga erupakan hewan yang dilindungi. dan tidak boleh diperdagangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf saya balas komentar anda...

      saya baru menemukan kukang di pinggir jalan,kalau memang kukang hidup di alam liar dan di lindungi kenapa kukang ada di area perkotaan yang jauh dari alam
      kukang yg saya temukan terluka cukup parah,jadi hati kecil hati saya tersentuh untuk menolongnya dan membawa pulang ke rumah
      intinya saya ingin melepaskan kukang ini ke alam liar,atau mungkin ada tempat observasi atau tempat pembudidayaan kukang saya ingin memberikannya.....
      jadi tolong hubungi saya secepatnya tentang tempat observasi/budidaya kukang

      Riswan 085659183939

      Hapus
    2. @nur rachmat hidayat
      coba hubungi IAR Indonesia tapi info terakhir yang saya dapet, IAR lagi kesulitan lahan
      banyaknya kukang yang diobservasi tidak sesuai dengan lahan yang tersedia

      Hapus
  4. yap benar sekali mbak ayu, kukang memang memiliki penyakit tersebut (baca post an saya pada bulan januari tahun ini, dengan judul potensi penyakit pada kukang) dan dengan dna yang mirip dengan manusia semua penyakit yang di alami kukang bisa menular ke kita.

    untuk itu saya sarankan agar memiliki kandang/tempat tinggal kukang yang luas dan cara pelihara yang benar (dengan memberikan vitamin terhadap kukang).

    memang stres adalah salah satu faktor utama kukang mati (selain masalah diare), maka dari itu kita gak boleh sering memegang/berinteraksi terhadap kukang tersebut.

    memang kukang adalah hewan yang dilindungi dan tidak boleh diperdagangkan namun menurut saya dengan memelihara kukang yang dijual kita juga mendukung perkembang biakan kukang dan melindungi kukang tersebut.
    semua kukang yang dijual bebas gigi taringnya sudah dicabut dengan paksa hal tersebut berdampak kukang tersebut tidak dapat mempertahankan dirinya di alam bebas.
    maka dari itu saya sarankan untuk memelihara sepasang kukang dengan jenis yang sama agar kita dapat membantu perkembangbiakannya, setelah kukang tersebut melahirkan keturunan. keturunan tersebut lah yang harus kita lepas liarkan.

    BalasHapus
  5. salam kenal....
    mau tanya nih masalah cari tau perbedaan jenis kelamin kukang jantan dan betina itu bisa kita liat dari mana ya???
    Apa benar kukang gpp klo ga dikasih air?

    BalasHapus
  6. salam kenal opik..
    kalau jenis kelamin ya kita harus megang kelaminnya, kalau ada bijinya (sry agak fulgar) ntu kukang jantan.
    wah ntu anggapan yang salah..
    kukang sangat membutuhkan air so jangan sekali-kali gak ngasih kukang air karena kalau itu dilakukan kukang akan dehidrasi dan berujung kematian

    BalasHapus
  7. mohon pencerahannya ,

    1.vitamin apa yang baik untuk di konsumsi sama kukang ?
    2.baiknya di simpan di luar ruangan atao di dalem ruangan ,kemungkinan akan kedinginan kalo disimpan di luar ruangan ....
    3.apa benar ,kukang itu akan mengeluarkan racun bila keadaan dia terdesak ? racunnya berbahaya atao tidak ?

    BalasHapus
  8. hai nabil..
    maaf sebelumnya kalau nama vitaminnya saya lupa tapi biasanya ini vitamin berguna untuk menambah nafsu makan (untuk lebih jelasnya silakkan tanyakan ke dokter hewan).

    kalau menurut saya, sepertinya lebih baik di luar ruangan namun harus disediakan kandang tempat kukang tidur dan dilantai/dasar kandang ditarok daun-daunan, setiap hari daun-daunan harus diganti.

    setau saya kukang tidak ada racunnya namun ada bakteri di gigi da lendir kukang tersebut.
    biasanya kalau kukang terdesak, kukang akan menggigit kita. dari situ lah bakteri kukang akan memasuki/memberi penyakit terhadap kita.
    namun dari peristiwa yang saya lalui biasanya kukang yang dijual bebas gigi taringnya (sebagai senjata utama kukang tersebut) sudah tidak ada, dengan kata lain giginya sudah dicabut dan kemungkinan besar dicabut secara paksa.

    BalasHapus
  9. bagaimana mau jinak kan kukang yang liar?

    BalasHapus
  10. hai nieza..
    maaf sebelumnya maksud dari pertanyaan niez apa?
    apa maksudnya sifat kukang atau apa?

    BalasHapus
  11. maaf ya kerana pertanyaan saya mungkin kurang jelas...saya baru mempunyai seekor kukang,jadi apabila mahu di sentuh kukang itu,,dia mahu menggigit jari saya,jadi apa harus saya lakukan supaya saya dapat belai kukang tersebut tanpa dia agresif,atau untuk sementara waktu saya tidak perlu menyentuh kukang tersebut...atau ada cara yang lain..terima kasih kerana sudi memberi penjelasan kepada saya....

    BalasHapus
  12. coba nieza bawak ke dokter hewan, kemungkinan kukangnya trauma namun sebaiknya jangan dirubah sifat kukang tersebut karena kukang tersebut masih ada sifat liarnya.
    Mungkin saya lebih sarankan untuk membantu dalam hal perkembang biakan namun jangan dibuat menjadi jinak..

    BalasHapus
  13. Sya setuju dengan dna manusia dengan kukang itu sama, karena sya punya kukang dan pada saat sya beli itu sya sedang terkena flu, jadi kukang sya ini ikut tertular juga yg sering bersin-bersin terus dan ingusan sampai sekarang sdh 7 hari.
    Apa ada saran cara mengobatinya....?
    Thnx

    BalasHapus
  14. hai herian..
    sebelumnya saya ingin bilang dna kukang tidak sama dengan dna manusia tapi dna kukang mirip dengan dna manusia
    meler?
    kalau ada air disekitar idung itu emang biasa tapi kalau meler saya baru dengar, sebaiknya herian bawak kukangnya ke dokter hewan.

    BalasHapus
  15. saya mau nanya dong, apakah bulu kukang berbahaya tidak untuk manusia?
    oh iya bagus tuh informasinya. :)

    BalasHapus
  16. hai saga..
    bisa lebih spesifik lagi maksud dari pertanyaannya?
    dalam hal ini berbahaya untuk siapa?

    tapi setau saya dampak bulu kukang sama saja kayak bulu kusing..
    terimakasih..

    BalasHapus
  17. kukang saya ditemuin diatas mobil saya, sepertinya itu kukang liar, terus dya sering mau ngegigit jari saya saat saya mau ngelus dia, apakah ada saran? thnks

    BalasHapus
  18. hai kiki..
    alangkah baiknya kalau kukangnya diserahkan ke Yayasan IAR Indonesia

    kiki bisa menghubungi..
    International Animal Rescue Indonesia (IAR Indonesia)
    Pusat Rehabilitasi Kukang, Monyet Ekor Panjang dan Beruk
    Jl. Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Ciapus
    PO BOX 125
    Bogor 16001, Indonesia

    Telp. +62 251 838 9232
    Fax. +62 251 838 9232

    Email : diah@internationalanimalrescue.org atau informasi@internationalanimalrescue.org
    Website : www.internationalanimalrescue.org

    BalasHapus
    Balasan
    1. berguna banget infonya, makasih banyak mas :)
      pengennya sih yang menangkap dan menjual kukang itu ditindak hukum, tapi bingung mau lapor ke mana.

      Hapus
    2. yo sama'..
      yap itu masalah sekarang ini, kita bingung mau menginformasikan kemana.
      namun dengan kesadaran kita bersama saya yakin tanpa ada upaya pelaporan ataupun usaha yang berhubungan dengan pihak berwajib tidak perlu dilakukan.

      Hapus
  19. salam kenal., aku punya kukang. waktu pertama belik umurnya 4bulan (kata penjualnya) sekarang udah sekitar 6-7bulanan ada dirumah. kok sekarang kukang ku bulunya nipis, trus kayak rada kurusan ? pdahal makanan yang dikasih sama aja.. tks

    BalasHapus
  20. minta tolong info ke alamat nezt.inezt@yahoo.com suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear nezt.inezt,
      sepertinya kukang kamu stress, sebaiknya kamu bawa ke dokter hewan atau lebih baik lagi kamu bawa ke kebun binatang supaya mereka merawatnya dengan cara yang lebih tepat.

      Hapus
    2. maaf sebelumnya..
      apabila anda tidak mengetahui dengan pasti sebaiknya jangan mendioknosa sembarangan tapi saran anda tepat, dengan menyarankan membawa kukang ke dokter hewan

      @anak babi
      dari pengalaman saya, kukang mbak dehidrasi

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  22. saya fitri

    mau tanya
    vitamin buat gemukin kukang itu apa :D

    kalo dy makan pasti bimana buang kotoran gimana mau gemuk ;/

    BalasHapus
  23. salam kenal...

    saya mau tanya, saya punya kukang betina.
    tapi akhir-akhir ini kotorannya cacingan, saya minta sarannya. gmn cara menanggulanginya..?

    BalasHapus
  24. salam kenal pak..
    boleh ga kukang di mandikan??

    BalasHapus
  25. @anak babi
    kalau dari penjelasan mbak, kukang mbak dehidrasi. dehidrasi adalah salah satu alasan besar kukang mati mbak. makadari itu, saya sarankan kukang mbak bawak ke dokter hewan.
    biasanya kalau dehidrasi kukang sudah parah, kukang tersebut akan dirawat nginap dan pastinya akan di inpus. untuk catatan, sebaiknya mbak menyiapkan biaya yang lumayan besar apabila kukang mbak dirawat nginap, karena biaya rawat nginap yang lumayan mahal.

    @Fitri Febriati Ramadhani
    maaf saya lupa nama vitaminnya tapi bentuknya berupa sirup dan dikotaknya ada lish/garis berwarna ungu.

    @Rifqi Musyaffadli
    saran saya segera bawak ke dokter hewan.
    o ya..saat memegang kukang tersebut, jgn lupa menggunakan sarung tangan dan masker karena kukang anda mengidap penyakit menular.

    @Anthony_arch
    lebih baik jangan pak..
    tapi untuk menjaga kebersihan kukang tersebut, mungkin boleh dimandikan namun dengan syarat jangan terlalu sering dimandikan.
    saran saya 2bilan sekali saja..

    FOR ALL..
    Maaf berhubung kesalahan teknis jadi saya lupa pasword blog ini (hehe)
    jadi apabila ada pertanyaan ataupun tanggapan atas postingan saya, sebisa mungkin akan saya jawab dengan blog sekarang
    trims..

    BalasHapus
  26. mau nnya ni,, saya baru bli kukang di tepi jalan ,, tapi gigi nya sudah di cabut ,, dan dia pendiam banget tapi dikasih makan dia nya mau cuma dia pndiam ,,, ada solui gak gan ?? tlong ya jawab ,, saya baru beli kukang nya tadi sore jd nwbi ni :)

    BalasHapus
  27. mau tanya cara mengawinkan kukang seperti apa ya? mohon penjelasan detailnya

    BalasHapus
  28. salam kenal, saya aldy.
    saya pernah memelihara kukang sewaktu kecil, karena dulu sangat jinak dan akrab dgn saya, maka saya berminat untuk memmelihara lg.
    saya beli betina kt penjualnya berumur 6 bulanan, sudah ada di rumah saya 1,5bulanan.
    kaget ketika tadi siang saya melihat ada mahluk kecil berwarna merah, sekilas seperti cicak besar tdk berkulit. setelah di perhatikan dgn org2 rumah saya, ternyata itu adalah bayi kukang yg baru dilahirkan. karna kukang saya biasa di lepas di dlm rumah memakai popok, semalam saya taruh kandang karena banyak saudara yg menginap di rumah. lantas saya keluarkan kukang saya untuk melepaskan popoknya agar mudah utk menyusui.
    tetapi pd siang hari kukangnya hanya tidur, saya berfikir karna ia hewan malam jd itu wajar.
    saya tengok saat maghrib, dia sdg menjilati anaknya, mungkin untuk membersihkan? kakak saya bilang kalau anaknya mati, berubah menjadi ungu. saya pikir tidak, karna memang dr awal hanya diam sekali2 bergerak dan mengeluarkan suara.
    saya kaget setelah sekitar jam 7an saya tengok dia sdg memakan anaknya?
    mengapa ia sampai memakan anaknya sendiri? dikandang sudah saya berikan 2 pisang karena saya pikir dia akan membutuhkan banyak makan untuk memulihkan tenaga dan menyusui?

    BalasHapus
  29. Maaf bos saya mau tanya.. Saya baru membeli kukang dari tmpat penjualan binatang di dkt mall btm bogor,saya tidak teliti melihatnya karna kukang yg saya beli sudah besar dan agak agrrsif.. Stelah sampai rumah ternyata saya mendapati kukang saya tidak mempunyai gigi sama skali. Saya kasihan sekali melihatnya... Saya mau tanya apakah giginya dpt tumbuh lagi?? Dlu saya pernah punya kukang yg kecil dan lucu tapi dia mati tanpa saya tau knp. Padahal jinak dan saya udah sayang banhet ma dia. Ktika bli lagi malag yg agrrsif dan saya sama sekali tidakbisa menggelus bdanya karna pasti mau mencoba gigit saya.. Apakah dia stres gara" dulu di canut giginya oleh si pedagang yg tk bertanggung jwb?? Lalu bgai mana nisa membuat dia tdk menggigit.. Karna saya takut aja nakteri di mulutnya.. Mksh

    BalasHapus
  30. kalo kukang terkena diare di kasih apa yaa biar ga diare ... sama kalo gigi kuakang di cabut bisa tumbuh lagi ga yaa

    BalasHapus
  31. hal yang paling disenangi kukan adalah dilepas di alam bebas, itu tidak bisa di ungkiri,,hehehe,... dan yang paling enang memandang kukang juga dia alam bebas...de tempat saya sumatera setiap hari kalu mau ketemu kukang bisa tapi malam hari....dikebun aja masi banyak...kan lebih seru gak...ya gak admin.

    BalasHapus
  32. maaf admin sya mau tanya
    obat apa yg bisa ngilangin cacingan dri penyakit yg d tularkan...

    BalasHapus
  33. saya mendengar bahwa kukang memiliki kuman virus atau bakteri yang membahayakan manusia ...
    saya ingin bertanya .. apakah vaksin bisa digunakan untuk menghilangkan atau mencegah virus bakteri atau kuman tersebut menyebar ke manusia ?
    mohon info nya admin ^ ^
    terima kasih

    BalasHapus
  34. bagaimana cara menjinakan kukang? karena kukang saya kalau di lihat malah marah dan menggeram dan jga suka menggigit, ada cara lain gak supaya gua bisa main sama tu kukang

    BalasHapus