Jumat, Desember 23, 2011

ada yang tau tentang nada bicara??

FUCK!!!
ntu kata-kata awal yang g keluarin kalau menyangkut tentang nada bicara.
lu tau gak hal yang paling susah ntu adalah tentang mengerti nada bicara.
bisa lu bayangin kalau mau mengerti nada bicara, kita harus mengerti perasaan orang yang ngomong dan orang yang mendengarnya sekaligus dan secara bersamaan juga. Karena untuk mengatakan kalau nada itu kasar atau tidak cuman bisa di nilai dari perasaan masig-masing.
"So plis jangan maksain nada bicara yang menurut lu gak kasar sama orang laen".

"Setiap orang punya ciri khas masing-masing dan faktor masing-masing" yang mempengaruhi nada bicara orang tersebut. Bisa aja karena suku/budaya orang tersebut yang mempengaruhi nada bicaranya atau bisa juga karena masalah medis (mungkin dikarenakan rongga mulutnya).
 Tapi yang perlu diingat di sini, nada bicara bukan masalah suaranya yang gede banget ataupun masalah kata-kata dalam bicara. Karena hal tersebut jauh banget bedanya.

Kenapa g bilang gitu, mari g jelaskan dengan suatu kasus dibawah ini :
Si A lagi di Fakultas XXX dan ngomongnya gede banget (suara yang gede banget) sampe s'Fakultas denger ntu suara yang bikin kepala sakit. Itu sangat beda bgt ya dengan nada bicara yang gede (marah) atau tidak. Mungkin sebagian orang menganggap dan memang terkadang kalau marah itu dilihat dari besar-tidaknya suara orang yang marah.
Sedangkan Nada Bicara yang gede itu bisa kita ibaratkan dengan belajar Bahasa Mandarin.
Kenapa demikian, karena saat kita belajar Bahasa Mandarin setiap nada itu berbeda arti.
Bisa lu bayanginkan susahnya belajar Bahasa Mandarin, begitu juga susahnya mengerti nada bicara setiap orang.

Kalau kata-kata dalam bicara sangat mudah kita mengerti, lu tinggal ngomong Penghuni Kebun Binatang Lengkap sampe kotoran aja.
Dengan lu ngomong gitu, setiap orang yang dengar udah tau kalau lu itu gak suka dengan sesuatu/marah tapi pasti ada cap khusus bagi yang ngomong kata-kata tersebut.


Itulah kenapa g bilang mengerti dan memahami nada bicara itu sangat-sangat-sangat-sangat susah.
Bagi g tuk memahami nada bicara itu butuh waktu seumur hidup g dan misalnya g sering berantem karena nada bicara mohon dimengerti ya..

Mungkin ada yang tau tentang nada bicara, g harap lu mau berbagi ke g lengkap dengan penjelasan yang mudah dimengerti (jangan menggunakan bahasa yang berbelit-belit).
ok..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar