Sabtu, Juli 23, 2011

Kupu-Kupu

gan masih ingat gak ma ni lirik "kepompong kupu-kupu.."?
sebenarnya ntu lirik sidik menjelaskan tentang metamorfosis kupu-kupu.
sebelum g jelasin tentang metamorfosis kupu-kupu, alangkah baiknya kalau g jelasin arti dari metamorfosis.

Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologis pada hewan yang mengakibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan.
proses metamorfosis pada kupu-kupu cukup panjang dan lama namun sederhana karena hanya mengalami 4x proses sebelum menjadi kupu-kupu. berikut ini metamorfosis kupu-kupu :

  1. TELUR
    pada proses ini telur akan menetas dan menjadi larva (ulat) dalam waktu 3-5 hari.

  2. LARVA (ULAT)
    pada proses ini larva akan berjalan ke pinggir daun tumbuhan inang dan memulai memakan daun tersebut. namun sebagian larva akan memakan cangkang telur yang kosong sebagai makanan pertamanya. kulit luar dari larva tidak merenggang mengikuti pertumbuhannya, tetapi saat sudah mengetata kuliat larva tersebut akan berganti kulit.

    jumlah pergantian kulit selama hidup larva pada umumnya 4-6 kali, dan periode antar pergantian kulit disebut instar. larva kupu-kupu bervariasi dalam bentuk, tetapi pada sebagian besar berbentuk silindris dan terkadang mempunyai rambut, duri, turbekel atau filamen.

    ketika larva mencapai pertumbuhan maksimal, larva akan berhenti makan dan mencari tempat berlindung terdekat, melekatkan diri pada daun atau ranting dengan anyaman benang. larva telah memasuki fase prepupa dan melepaskan kulit terakhir kali untuk membentuk pupa.

  3. PUPA (KEPOMPONG)
    pada proses ini kalau dilihat dari luar, pupa seperti periode istirahat. padahal didalamnya sedang terjadi proses pembentukan kupu-kupu yang sempurna. pupa pada umumnya keras, halus dan berupa suatu struktur tanpa anggota tubuh. pada umumnya pupa berwarna hijau, coklat atau warna sesuai dengan sekitarnya (berkamuflase). pembentukan kupu-kupu di dalam pupa biasanya berlangsung selama 7-20 hari tergantung dari spesiesnya

  4. KUPU-KUPU
    setelah keluar dari pupa, kupu-kupu akan merangkak ke atas sehingga sayapnya yang lemah, kusut,dan agak basah dapat menggantung kebawah dan mengembang secara normal. segera setelah sayapnya mengering, mengembang dan kuat, sayap akan membuka dan menutup beberapa kali dan percobaan terbbang dimulai.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar