Selasa, Agustus 16, 2011

permasalahan utama jakarta

menurut lu apa permasalahan kota jakarta?
kalau menurut g si ada 3 pokok permasalahan utama kota jakarta, yaitu :
  1. Permasalahan Banjir
  2. Permasalahan Kemacetan
  3. Permasalahan Kependudukan
sudah menjadi rahasia umum, 3 permasalahan diatas adalah permasalah langganan dan bahkan sudah menjadi ciri khas kota jakarta. namun apakah ini akan kita biarkan?
membiarkan ibu kota negara memiliki ciri yang tidak baik.

banyak gubernur dan mungkin calon gubernur kota jakarta memasukkan ketiga masalah ini menjadi pokok program kerja dari mereka (gubernur dan calon gubernur). tetapi hanya sedikit yang menyelesaikan 3 masalah pokok tersebut, bahkan hanya menyelesaikan segelintir dan hanya meneyelesaikan masalah untuk sesaat saja.
mungkin hal tersebut terjadi karena sulit dan besarnya ketiga permasalahn tersebut.

namun sebenarnya masalah tersebut bisa diselesaikan dengan mudah. mudahnya menyelesaikan masalah tersebut tentu saja atas usaha dan dukungan dari semua belah pihak (pemerintah dan masyarakat).
mungkin sulitnya menyelesaikan masalah tersebut dikarenakan hanya 1 pihak saja yang ikut serta menyelesaikan masalah tersebut (hanya dari pemerintah saja atau hanya dari masyarakatnya saja).

kita langsung saja ambil contoh dari masing' permasalahan
  •  Permasalahan Kemacetan
    sebenarnya jumlah penduduk tidak terlalu mempengaruhi macetnya kota jakarta. hal yang sangat berpengaruh adalah fasilitas dari angkutan umum dan sikap/sifat dari penduduknya itu sendiri.
    g yakin apabila fasilitas angkutan umum memadai dan layak untuk digunakan banyak masyarakat/penduduk kota jakarta memikir ulang untuk menggunakan kendaraan pribadinya.
    memang harus kita akui keterbatasn pemerintah untuk menyediakan fasilitas umum yang memadai, maka dari itu alangkah baiknya kita menjaga dan merawat fasilitas umum terutama angkutan umum yang sudah ada untuk mengurangi beban dari pemerintah itu sendiri.
  • Permasalahan Banjir
    permasalahn banjir tidak akan dapat terselesaikan apabila dari masyarakatnya masih memiliki sikap yang acuh terhadap lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan dan mendirikan bangunan di tempat yang tidak seharusnya (di daerah resapan air dan di pinggiran sungai). apabila kedua belah pihak saling bersinergi g yakin permasalahan ini bisa terselesaikan. memang untuk menyelesaikan permasalahn ini akan rumit dan sangat membutuhkan waktu maupun biaya. bagaimana tidak untuk menyelesaikan permasalahan ini kita harus menanamkan doktrin cinta terhadap lingkungan dan pastinya akan menyangkut ke permasalahan lain seperti permasalahan kependudukan dan kemiskinan (hal ini akan g bahas di permasalahan kependudukan).
  • Permasalahan Kependudukan
    kita tau sendiri sebagaian penduduk jakarta adalah pendatang (termasuk g). nah yang jadi permasalahan apakah pendatang tersebut adalah orang yang sudah memiliki kepastian kerja?
    g rasa tidak ya, banyak yang datang ke jakarta untuk mengadu nasip mereka dan berdampak bertambahnya penduduk jakarta yang mungkin akan mendirikan tempat tinggal ditempat yang tidak seharusnya (hal ini salah satu penyebab terjadinya banjir). banyaknya orang yang datang ke jakarta dikarenakan beberapa faktor, seperti :
    1. Terpengaruh dari media cetak
      mungkin mereka melihat gemerlapnya kota jakarta dan ingin juga merasakan hal yang sama di kota jakarta.
    2. Tidak Seimbangnya Pertumbuhan
      banyak yang datang kejakarta dikarenakan ditempat mereka berasal tidak ada atau tidak bagusnya fasilitas yang menunjang seperti universitas dan juga tidak adanya lapangan kerja. mungkin bagi mereka (orang' yg datang ke jakarta) apabila datang ke jakarta kebutuhan mereka akan terpebuhi karena dilihatnya pertumbuhan kota jakarta yang sangat pesat.


      Setelah mengetahui permasalahan kota jakarta, menurut lu apa bisa kita memperbaikinya?
      kalau menurut g ya, BISA karena apabila kita ada niat dan disertai dengan usaha pasti bisa terlaksana (pastinya dengan seizin Allah).
      so lu tunggu apa lagi?
      nyok kite perbaiki kota jakarta kite ini..nyok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar